3 Jenis Sistem Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

28 September 2017 Admin
Bagikan artikel ini

Dalam menjalankan bisnis, sistem adalah hal terpenting yang harus dijalankan. Sebagai seorang business owner, tujuannya adalah membangun bisnis yang dapat berjalan dengan ada atau tanpa adanya Anda, dan itulah fungsi dari sebuah sistem.

Menurut Robert Kiyosaki, ada 3 jenis utama sistem bisnis yang umum dipakai, yaitu:

1. Sistem Tradisional, yaitu sistem bisnis dengan Anda mengembangkan sistem Anda sendiri. Sang pemilik bisnis mengembangkan bisnisnya seiring dengan berjalannya waktu. Menghadapi trial error dan kesulitan dalam membangunnya. Sistem ini dapat berubah seiring dengan perkembangan bisnisnya.

2. Bisnis waralaba, dimana Anda membeli sistem yang sudah ada. Biasanya pemilik bisnis di sebut dengan franchisor dan pemilik modal disebut franchisee. Keuntungan dari sistem ini adalah franchisee tidak perlu membuat sistem karena sudah mengikuti sistem dari franchisor dan karena itu pula, Anda dapat memusatkan perhatian pada upaya mengembangkan orang-orang di dalamnya. Kekurangan waralaba adalah kurangnya fleksibilitas dari franchisee. Mengetahui pentingnya sistem untuk mengecilkan resiko membuat bank mudah meminjamkan uang kepada bisnis waralaba tersebut.

3. Pemasaran jaringan, juga dapat disebut multilevel marketing atau sistem distribusi langsung. Anda membeli keanggotaan dan menjadi bagian dari sistem yang sudah ada dan langsung mulai membangun bisnis. Semua bisnis yang ingin sukses membutuhkan kerja keras dan kedisiplinan, begitu juga dengan pemasaran jaringan. Kunci dari pemasaran jaringan bukan hanya tentang menjual produk, namun pada pendidikan yang ditawarkan perusahaan itu dan membantu Anda berhasil.

Inilah beberapa sistem bisnis yang bisa dipakai untuk Anda mencapai kuadran B yaitu kuadran yang bisa mencapai financial freedom. Jenis sistem bisnis mana kah yang sudah pernah Anda coba? Dan bagaimana hasilnya? Coba Anda ceritakan di kolom komen di bawah ini ya.

Semoga Bermanfaat!

Gustiadi Prakoso


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *