5 Jenis Daya Ungkit Untuk Meningkatkan Penghasilan

cara jadi orang sukses, cara jadi pengusaha sukses, rahasia meningkatkan penghasilan
8 Februari 2018 OK
Bagikan artikel ini

Orang-orang kaya dan berhasil selalu mempunyai cara dan rahasia untuk meningkatkan penghasilannya.

Salah satu rahasianya adalah leverage atau daya ungkit.

Simpelnya, leverage adalah Anda mampu melakukan percepatan usaha dengan luar biasa dengan melibatkan sumber daya yang ada disekeliling Anda.

Contohnya, jika Anda ingin membuka toko, Anda dapat memanfaatkan online dan digital marketing untuk meningkatkan penjualan toko Anda. Banyak tools-tools yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda.

Apa saja yang bisa Anda libatkan dalam usaha Anda me-leverage sumber daya disekeliling Anda?

5 Jenis Daya Ungkit Untuk Meningkatkan Penghasilan

1.OPM (other people money)

Dalam berinvestasi atau melakukan bisnis, masih ingat dengan prinsip Warren Buffet dan Tony Robbins yaitu don’t lose your money. Ini juga bisa Anda terapkan sebagai leverage Anda menuju kesuksesan. Banyak orang berkata tidak bisa memulai bisnis atau investasi karena uangnya tidak cukup, padahal yang dilakukan orang-orang kaya adalah tidak memakai uang mereka sendiri untuk membangun kekayaan. Inilah kekuatan leverage yang perlu diketahui orang-orang. Uang ini bisa Anda dapatkan dengan banyak cara seperti: kredit ke bank, pinjam investor, kerjasama dengan investor, meminjam uang keluarga atau kerabat lainnya. Anda dapat memanfaatkan networking Anda untuk mendapatkan pendanaan ini.

2. OPE (other people experience)

Ada suatu kalimat yang menarik, “belajar dari pengalaman sendiri adalah hal baik dan benar, namun belajar dari pengalaman orang lain adalah hal yang bijak”. Jika Anda memulai bisnis sekarang dan bertekad untuk belajar bisnis, akan ada banyak sekali orang-orang berpengaruh yang ada di sekitar Anda yang bisa Anda dapatkan pengalamannya untuk hidup Anda, juga Anda dapat mempelajari langkah suksesnya. Anda membutuhkan mereka untuk menjadi penujuk arah. Kisah hidup mereka bisa sangat memotivasi dan Anda tidak perlu mengulangi kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan. Anda bisa maju lebih cepat. Selain itu, ketika Anda tidak tahu bagaimana cara-caranya untuk menuju kesuksesan itu, pengalaman orang lain akan membantu Anda untuk lebih cepat dalam memprosesnya, Anda tidak perlu lagi tes ukur yang terlalu banyak. Maka, perlulah juga untuk Anda bergaul dengan orang yang satu frekuensi dengan Anda, atau yang satu jenis bisnis dengan tujuan Anda. Itulah pentingnya leverage experience.

3. OPI (other people ideas)

Anda tahu, bahwa di dunia ini tidak ada ide yang benar-benar orisinil? Semua adalah hasil karya dari ide yang sudah ada namun mengalami perubahan dan perombakan di berbagai hal. Mereka berinovasi agar ide tersebut terlihat milik mereka sendiri. Itu juga yang menjadi panduan untuk Anda tidak perlu takut memakai ide orang lain, tergantung cara Anda eksekusinya saja yang berbeda. Terkadang ide yang sama dengan cara kerja yang sama juga dapat menghasilkan hasil yang berbeda. Anda dapat memakai ide orang lain dan kerjakan sesuai dengan gaya Anda sendiri. Dengan begitu Anda menghemat waktu dan pikiran Anda dalam mencari suatu ide yang luar biasa. Done is better than perfect.

4. OPT (other people time)

Menggunakan waktu orang lain adalah sama dengan menggunakan uang orang lain, bahkan lebih dari itu. Jika Anda pikir Anda kekurangan uang, Anda memiliki persediaan waktu yang lebih singkat. Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda buat lagi. Inilah satu-satunya hal yang membuat orang dan banyak orang kaya sama sekali tidak pernah cukup. Ada jumlah jam maksimum yang dapat Anda kerjakan minggu demi minggu sebelum Anda sakit, mati, atau menjadi gila. Dan jumlah jam yang Anda inginkan untuk bekerja setiap minggu mungkin jauh, jauh lebih kecil dari itu. Maka dari itu, waktu adalah hal yang sangat berharga.

Contohnya jika Anda ingin membeli properti namun tidak mempunyai uang yang cukup untuk membayarnya, Anda dapat meminta waktu lebih kepada penjual untuk membayarnya. Anda dapat mengajukan untuk termin pembayaran misalnya 1 tahun atau 6 bulan. Dengan begitu Anda bisa memiliki banyak waktu untuk mendapatkan pendanaan.

5. OPW (other people work)

Ini disebut kerjasama team. Anda memerlukan tenaga orang lain untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Prinsip bisnis adalah Anda harus mempercayakan kepada team Anda, dengan begitu Anda juga bisa bertumbuh dan bisnis yang Anda jalani juga dapat di tinggal. Misalnya, Anda sudah melisting apa saja yang harus Anda kerjakan untuk bisnis Anda, misalnya menjalankan iklan, berbicara dengan customer, urus operasional, laporan keuangan, dan lain-lain. Anda akan bertanya pada diri sendiri “Mana hal yang perlu Saya kerjakan terlebih dahulu?” Jika semua harus selesai dengan cepat, Anda dapat mempekerjakan orang lain yang tentu mengerti untuk menyelesaikannya.

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *