Mau Ambil Franchise? Cek 3 Kriteria Penting ini

28 September 2017 Admin
Bagikan artikel ini

Bisnis franchise atau yang dikenal dengan sebutan waralaba adalah sebuah metode bisnis dengan sistem distribusi barang atau jasa yang mempunyai brand yang sudah dikenal luas. Caranya dengan menjalin kerjasama antara pemilik franchise (franchisor) dengan pemilik modal (franchisee).

Dalam mengambil keputusan menjalin kerjasama dengan bisnis franchise tersebut, saya mempunyai 3 kriteria yang ideal nya terpenuhi.

1. Sudah berumur minimal 5 tahun, menurut Standar Franchise Internasional, sebuah bisnis boleh di franchise kan jika sudah berumur 5 tahun. Jika kurang dari 5 tahun harusnya belum bisa franchise, karena bisnis franchise, setidaknya yang bisa bertahan selama 5 tahun berarti mereka serius dan sudah memiliki sistem yang baik.

2. Memiliki laporan keuangan yang baik. Baik atau tidaknya sebuah bisnis, dapat dilihat dari laporan keuangannya dan pembayaran pajak yang jelas.

3. Dapat di buyback (dibeli kembali oleh pihak franchise jika terjadi kerugian) atau tidak. Karena Anda juga harus memikirkan untung rugi dan resikonya jika Anda mengambil bisnis tersebut. Setidaknya modal balik, tidak sampai merugi, kalau bisa masih ada untung. Ini adalah strategi yang cerdas dalam mengambil bisnis franchise.

Itulah beberapa kriteria saya dalam mengambil bisnis franchise, sebenarnya masih banyak faktor lain yang mempengaruhi, namun 3 hal di atas adalah yang utama yang saya perhatikan.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait bisnis franchise, Anda bisa menuliskan nya di kolom komen di bawah ini.

Semoga bermanfaat!

 

Gustiadi Prakoso


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *