Kriteria Pebisnis yang Dahsyat

28 September 2017 Dewi Vemina
Bagikan artikel ini

Apa sih pengertian dari Businessman / Pebisnis?

Menurut Robert Kiyosaki, dalam memperoleh penghasilan, Anda bisa mendapatkannya dari 4 kuadran, yaitu:

1. Kuadran Employee, di dalamnya adalah orang-orang yang bekerja sebagai pegawai di perusahaan orang lain.

2. Kuadran Self Employee, orang-orang yang mempunyai usaha sendiri dan masih bekerja di perusahaan/usahanya tersebut, contohnya seperti dokter, pengacara, jaga toko keluarga, dll.

3. Kuadran Business Owner, adalah orang-orang yang mempunyai bisnis dan bisnis tersebut tetap akan jalan ada atau tanpa adanya si pemilik bisnis, ini di sebut business autopilot.

4. Kuadran Investor, adalah orang-orang yang mengeluarkan uangnya untuk investasi menguntungkan yang dapat mempercepat kekayaan mereka semakin bertambah. Investor bisa dari berbagai sektor bidang, seperti properti, bisnis, komoditi, paper asset, dll.

Biasanya orang salah mengartikan self employee dengan business owner. Dua hal tersebut berbeda dan bedanya adalah self employee ini mempunyai usaha namun melakukan sendiri, harus buka usahanya sendiri, menerima uang sendiri, pengeluaran sendiri, dan masih jaga usahanya sendiri. Kenapa di katakana self employee? karena semua masih tergantung pada dia, kalau tidak ada, bisnisnya tidak jalan

Business owner sibuk dan fokusnya adalah menciptakan dan membangun sistem. Sistem ini dibuat untuk orang lain bekerja untuk perusahaannya, jadi pemilik bisnis tidak perlu terlibat dan akan tetap mendapatkan penghasilan.

Untuk menjadi seorang Businessman, menurut Robert Anda harus memahami apa yang disebut sebagai BI Triangle. Segitiga ini menunjukkan apa yang diperlukan oleh seorang business owner dalam menjalankan bisnisnya.

Pilar segitiga tersebut dikelilingi oleh 3 hal yaitu:

1. Team, seorang Businessman yang baik fokusnya adalah menginvestasikan pengetahuannya kepada orang dalam team dan team yang akan membangun bisnisnya.

2. Leadership, mempunyai jiwa kepemimpinan untuk mengatur para pemimpin perusahaannya agar mereka dapat termotivasi untuk menjalankan misi perusahaan.

3. Mission, bisnis-bisnis yang baik adalah bisnis yang mempunyai misi dan tujuan yang mereka pegang teguh.

Di dalam pilar ini, ada 5 konten yang membentuk suatu bisnis menjadi baik, yaitu:

1. Cashflow, hal yang paling penting dari sebuah bisnis dan merupakan syarat utama untuk sebuah bisnis berjalan. Tanpa adanya cashflow, untuk apa sebuah bisnis dijalankan?

2. Communication, bagaimana pembisnis menjalankan komunikasi yang baik di dalam bisnisnya, menciptakan budaya yang baik untuk para karyawan.

3. System, seorang Businessman tidak akan menjadi seorang busy man, karena pembisnis akan menciptakan dan membangun sistem yang dapat membentuk pola dalam bisnisnya.

4. Legal, suatu bisnis harus mempunyai legal yang jelas, seperti mempunyai badan hukum. Legalitas berperan untuk melindungi bisnis di mata hukum.

5.Product, produk ditempatkan paling kecil porsinya di atas, kenapa? karena sebagai seorang pembisnis, mereka tidak akan pernah fokus terhadap produk. Produk hanya hasil atau akibat dan merupakan problem solving dari apa yang dibutuhkan masyarakat, maka dari itu produk selalu berganti. Akan selalu muncul kebutuhan yang baru. Hal yang tidak akan tergantikan adalah customernya.

Nah itu dia tadi kriteria pebisnis yang dahsyat, kira kira dari berbagai kriteria tadi, mana yang harus dioptimalkan dari diri Anda? Silahkan isi di kolom komen di bawah ini ya.

Semoga bermanfaat!

Gustiadi Prakoso


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *