Teknik Marketing Yang Terbukti Sukses Dalam Bisnis

20 November 2017 OK
Bagikan artikel ini

Pernahkah Anda mendengar, “ekonomi dan bisnis sedang lesu, banyak produk dalam negeri yang tidak laku terjual.”

Dengan mendengar isu seperti itu, bisa saja beberapa pebisnis menurunkan standar penjualan mereka karena mengikuti keadaan ekonomi yang sedang turun. Mempengarui mental mereka dalam melakukan pemasaran dan penjualan. Padahal sebenarnya pebisnis yang sukses tidak ada hubungannya dengan ekonomi. Jika pebinsis tau apa yang harus mereka lakukan, mereka akan sukses dalam keadaan ekonomi apapun. Salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis adalah teknik pemasaran yang efektif. Tanpa hal itu, pebisnis tidak akan bisa menjangkau konsumen dan berbagi produk atau layanannya.

Teknik Marketing Yang Terbukti Sukses Dalam Bisnis

Ada 4 kunci marketing yang efektif, yaitu:

1. Mulailah dengan prospek. Inilah orang-orang yang akan diajak untuk membeli produk Anda. Dalam mencari prospek, Anda membutuhkan database calon pelanggan potensial ke sebuah wadah komunikasi. Beberapa cara Anda bisa mendapatkan database seperti melalui media sosial, kartu nama, datang ke seminar/acara yang berkaitan dengan produk yang Anda jual, dan lain-lain.

2. Melakukan Educating atau menyebarkan informasi yang berkaitan dengan produk Anda. Ada sebuah pepatah klasik di dunia sales & marketing, yaitu, foundation of selling is trust. Educating ini bertujuan untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan calon pelanggan kepada perusahaan Anda. Contohnya, bila produk Anda adalah alat-alat olahraga, Anda dapat memberikan tips-tips menjaga kesehatan tubuh.

3. Sistem penyampaian pesan. Anda juga harus memperhatikan bagaimana Anda menyampaikan informasi tersebut. Tes dan ukur alat mana yang paling efektif yang dapat menjangkau orang paling banyak dan terjadi interaksi. Anda bisa memulainya dengan mengirim pesan, pemasaran jaringan, website, surat langsung, media sosial, dan lain-lain.

4. Metode Back End, yaitu metode yang berusaha mempertemukan harapan konsumen dengan produk. Apa yang diingkan dan dibutuhkan sesuai dengan produk yang Anda jual. Dengan begitu pada akhirnya mereka akan membeli produk Anda. Contohnya jika Anda menjual mobil, Anda tanyakan ke mereka apa yang mereka butuhkan untuk mobilnya, AC yang dinginkah, ruang yang luaskah, dan lain-lain. Anda tawarkan apa yang menjadi kebutuhan mereka ke produk Anda.

Keempat kunci strategi ini dapat diaplikasikan ke bisnis manapun. Anda dapat menggabungkannya dengan strategi lain yang dirasa bisa membantu pemasaran produk Anda. Jika Anda dapat melakukan pemasaran yang efektif, produk dan dalam keadaan ekonomi apapun tidak akan jadi masalah Anda dalam meningkatkan penjualan.

Jadi, siapkah Anda memulai strategi pemasaran Anda?

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *