6 Trik Jualan Yang WAJIB Anda Ketahui

trik jualan sukses, cara benar jualan laris, tips jualan laris
5 Februari 2018 OK
Bagikan artikel ini

Berjualan merupakan suatu hal yang dilakukan oleh banyak orang-orang kaya untuk mendapatkan profit dari apa yang mereka tawarkan. Menjual sesuatu sebenarnya tidaklah serumit yang dibayangkan, dengan beberapa langkah yang tepat maka penjualan akan tercipta dengan sendirinya. Berikut adalah trik jualan yang harus Anda simak berikut ini!

Trik Jualan Sukses

1.Bangun Kepercayaan

Berjualan merupakan suatu kegiatan yang berelasi dengan orang lain dan lingkungan. Sebelum Anda memutuskan untuk menjual sesuatu, pastikan Anda sudah mengenali betul bagaimana lingkungan dan market yang Anda akan masuki. Cari kesamaan yang ada pada produk Anda dengan lingkunan serta market Anda. Dengan adanya kesamaan, maka akan terbentuk kepercayaan. Jika kepercayaan sudah terbentuk akan dengan mudah terciptanya penjualan.

2. Bangun Keintiman

Kepercayaan saja terkadang kurang cukup untuk mendapatkan hati calon konsumen. Bangun keintiman dengan konsumen yang sedang Anda follow-up. Anda bisa berkomunikasi bukan hanya tentang produk,produk,produk dan produk yang Anda jual. Mulailah dengan berkomunikasi dengan menanyakan sekilas tentang latar belakang dari calon konsumen. Dengan membangun suasana yang nyaman, maka penjualan akan dengan lebih mudah terjadi.

3. Menggali Kebutuhan

Setiap market memiliki kebutuhannya masing-masing. Tidak bisa anda menjual oli motor kepada pengguna mobil. Penjualan terjadi saat kebutuhan bertemu dengan kesempatan, kesempatan itulah yang diartikan sebagai Anda yang datang untuk memenuhi segala kebutuhan calon konsumen.

4. Mencari Solusi

Setiap calon konsumen memiliki sebongkah problem didalam hidupnya. Apakah barang dan jasa yang Anda tawarkan dapat mengatasi segala kebutuhan mereka? Jika ya, Anda bisa menggunakan jurus 3F yaitu Feel, Felt, dan Found. 3F melibatkan pengalaman Anda sendiri tentang kesusahan Anda, secara perlahan Anda mulai dapat mendapatkan solusi dari masalah Anda, lalu Anda memiliki pandangan yang baru mengenai suatu hal. Hal ini dapat Anda terapkan kepada calon konsumen yang mungkin memiliki berbagai macam alasan untuk mengatakan tidak kepada apa yang Anda tawarkan.

5. Closing

Semua hal diatas akan sia-sia jika tidak terjadi proses ini, yaitu Closing. Mungkin saja Anda sudah mempraktekkan 4 hal sebelumnya, namun tidak dapat membuat penjualan Anda berhasil. Salah bertanya bisa jadi menutup segala kemungkinan. Mulailah dengan bertanya kepada calon konsumen dengan pertanyaan yang tidak memiliki jawaban ya atau tidak. “Ibu ingin lipstick warna hitam atau ungu?”, “Bapak ingin landed house atau apartment?”, dll. Dengan calon konsumen yang menjawab salah satu dari kedua jawaban tersebut, hasilnya tetap memiliki makna Ya.

6. After Sales

Layanan purnajual seringkali ditinggalkan oleh banyak penjual. Padahal dari layanan purnajual / aftersales dapat menciptakan penjualan selanjutnya. Menjual suatu produk dan jasa bukan hanya one time sales, tapi lebih kearah long term jika penjualan Anda terus dilakukan. Mungkin timbal balik dari layanan purnajual Anda tidak berupa penjualan kembali terhadap konsumen lama Anda, sangat memungkinan untuk konsumen lama tersebut merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Itulah enam trik yang dapat Anda terapkan didalam kehidupan berjualan Anda. Visualisasikan trik-trik tersebut saat Anda berhadapan dengan calon konsumen, berlatih untuk menggiring calon konsumen untuk segera closing, dan closing pun akan datang menghampiri Anda. Salam sukses !

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *