Sistem Sekolah membuat Orang jadi Miskin?

30 September 2017 Admin
Bagikan artikel ini

Amerika, yang bagi banyak orang dianggap sebagai kiblat ekonomi, ternyata tidak juga.

Krisis ekonomi besar yang melanda amerika di tahun 2008 nampaknya masih berdampak pada perkembangan ekonomi negara adidaya tersebut, ditambah lagi Trump dengan kebijakan ekonominya yang dianggap nyeleneh.

“Ketakutan terbesar generasi kita adalah : kehabisan uang. Ketakutan dan emosilah yang mengendalikan pasar, bukan lagi logika.”

Di Amerika pada tahun 2016, hanya 20 negara bagian yang mewajibkan siswanya untuk mengambil mata pelajaran ekonomi, dan jumlahnya turun di tahun 2014 menjadi 17 negara bagian dan hal ini menunjukkan bahwa ilmu ekonomi dirasa tidak terlalu penting untuk diletakkan dalam sistem pendidikan di Amerika.

Tidak mengherankan bila masyarakat Amerika umumnya terbenam dalam hutang kartu kredit dan angkanya meningkat cukup signifikan di tahun-tahun terakhir ini. Ini adalah bukti bahwa ketidak pedulian ini adalah beban bagi generasi mendatang yang harus mereka hadapi kelak.

Ilmu keuangan adalah basic skill, angka-angka diatas menunjukkan betapa buruknya sistem pendidikan ekonomi. Uang dan keuangan adalah tentang deretan angka, namun tidak mungkin mereka akan bisa mencapai tahap mapan secara financial jika mereka tidak punya kemampuan bekerja dengan angka tersebut!

Cara terbaik untuk mengajari anak-anak tentang keuangan adalah dengan membantu mereka mengerti konsep aliran dana. Uang masuk, uang keluar dan sisa uang yang dimiliki pada waktu tertentu, misalnnya pada akhir bulan atau pertengahan tahun. Mengajari anak tentang hubungan antara pemasukan, pengeluaran dan simpanan akan membantu mereka mengerti nilai uang dalam kehidupan.

Jika selama ini, anak anak (atau bahkan kita sendiri) masih belum “melek” finansial, mari kita mulai belajar tentang finansial. Bagaimana mengelola keuangan, bagaimana berinvestasi, dan lain lainnya. Karena seringkali di Indonesia, hal hal tersebut tidak diajarkan.

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *