6 Alasan Kenapa Orang Tetap Miskin

30 September 2017 Admin
Bagikan artikel ini

Di dunia ini, banyak orang kaya semakin kaya, dan orang miskin yang semakin miskin. Mengapa?

Sebenarnya kaya dan miskin itu tergantung pola pikir dan cara menggunakan uang. Tidak sedikit orang yang memiliki banyak uang namun dalam beberapa tahun akhirnya jatuh miskin. Berbagai macam alasan orang tetap miskin, seperti:

1. Keyakinan yang Salah atau Saling Bertabrakan

Banyak orang yang mempunyai pandangan kurang baik terhadap kekayaan. Kadang mereka menyebut uang itu adalah akar dari kejahatan atau orang kaya seringkali hidupnya tidak bahagia. Pernyataan-pernyataan ini membuat keyakinan dan mental orang miskin mereka semakin kuat

2. Tidak Punya Tujuan dan Rencana Keuangan

Dalam hidup biasakan mempunyai target yang ingin dicapai. Semakin detail semakin baik. Bayangkan bila Anda tidak mempunyai tujuan atau tujuan anda berubah-ubah, bisa jadi Anda akan membuang-buang waktu dan masa depan Anda juga akan tidak jelas. Hal yang sama juga berlaku pada keuangan. Pergunakan uang yang didapat dengan bijak sesuai dengan tujuan keuangan Anda kelak.

3. Tidak Memiliki Financial Awareness

Sangat penting bagi orang-orang untuk mengetahui posisi keuangan mereka ada di mana. Mengontrol setiap pemasukan, pengeluaran, dan melakukan alokasi dana untuk tujuan-tujuan tertentu. Bila pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, bisa jadi Anda tidak memperdulikan laporan keuangan pribadi. Bila hanya mengandalkan gaji untuk melunasi hutang, selamanya Anda akan selalu berada di jalur tikus yaitu gali lubang dan tutup lubang.

4. Tidak Merasa Harus

Bagaimana jadinya jika Anda sudah mempunyai tujuan namun tidak mempunyai alasan untuk mencapai tujuan itu. Motivasi diri menurun karena tujuan tersebut bukanlah suatu keharusan. Jika sudah begitu, masalah yang timbul akan cepat menggagalkan usaha dalam mencapai tujuan Anda.

5. Mudah Menyerah

Orang kaya dihasilkan dari kerja keras dan kerja cerdas. Itulah yang membedakan orang kaya dan orang miskin. Beberapa orang hanya dengan berdoa dan meminta keberuntungan untuk mendapatkan uang tanpa adanya usaha. Padahal keberuntungan dibentuk dari usaha yang dilakukan berulang.

6. Lingkungan yang Kurang Baik

Lingkungan dapat mempengaruhi pola pikir dan mental Anda, sehingga jika Anda berada di lingkungan yang kurang baik, tidak mendukung, dan mempunyai mental orang miskin, Anda juga bisa menjadi seperti itu. Salah satu cara Anda terbebas dari lingkungan tersebut adalah mencari dan bergabung dengan komunitas yang mempelajari pendidikan finansial, juga Anda dapat mencari guru atau mentor yang bisa membimbing untuk mencapai yang Anda inginkan. Mendengarkan orang sukses di bidangnya bisa memotivasi Anda untuk maju.

Menjadi miskin itu bukan takdir, namun pilihan. Jika memilih menjadi kaya, Anda yang harus berusaha untuk mencapainya dengan selalu menginvestasikan diri Anda untuk berkembang dan belajar mengenai hal-hal baru.


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *