Customer Tidak Membeli Produk, Tapi Identitas

27 Desember 2017 OK
Bagikan artikel ini

Dalam setiap bisnis, pasti mempunyai tujuan. Salah satunya dengan membentuk penggemar dan budaya untuk customer. Bisnis yang baik adalah bisnis yang mengutamakan customernya terlebih dahulu. Bagaimana pemilik bisnis dapat memberikan jalan yang lebih baik untuk setiap masalah customer.

Customer Tidak Membeli Produk, Tapi Identitas

Seringkah Anda melihat orang-orang yang membeli tas dengan harga yang sangat mahal, padahal di luar sana banyak tas yang secara kegunaan memberikan fungsi yang sama. Apa yang sebenarnya dicari?

Para customer tidak membeli produk, mereka membeli sebuah identitas atau status dari produk tersebut, kenapa? karena produk hanya hasil atau akibat dan merupakan problem solving dari apa yang dibutuhkan masyarakat, maka dari itu produk selalu berganti. Akan selalu muncul kebutuhan yang baru. Hal yang tidak akan tergantinkan adalah customernya.

Hal ini yang banyak dilakukan oleh brand-brand terkenal dunia seperti Channel, Hermes, dan Louis Vuitton, yang menjadikan customer bangga mempunyai produk mereka. Percaya atau tidak. setelah hal itu terjadi, akan muncul fans dari merek-merek tersebut hingga akhirnya customer akan setia bertahan pada 1 brand produk.

Hal lainnya yang membuat produk tersebut digemari customer karena mereka menambahkan nilai untuk perusahaan. Semakin banyak nilai yang dapat Anda tambahkan ke pelanggan Anda, semakin Anda akan mendominasi pasar. Contohnya seperti perusahaan Zappos yang menjual sepatu wanita. Mengutamakan apa yang menjadi masalah para wanita dalam memilih sepatu yang diinginkannya, membuat Zappos memberikan service yang berbeda dengan perusahaan lainnya. Zappos memberikan pengiriman gratis kemanapun dan jika terjadi penukaran barang, pengembalian dan pengiriman balik akan ditanggung sepenuhnya oleh Zappos, juga masa berlaku penukaran adalah seumur hidup. Mereka memberikan solusi untuk masalah wanita yang biasanya salah dalam memilih sepatu.

Keren bukan cerita Zappos tersebut?

Hal itulah yang seharusnya menjadi fokus perusahaan dalam menumbuhkan bisnisnya. Customer is number one adalah hal terpenting yang harus terus diingatkan kepada karyawan.

Menjadikan perusahaan mempunyai fans atau member yang akan dengan setia membeli produk Anda karena mereka sudah percaya kepada perusahaan tersebut. Jadi, ini bukan masalah produk, namun nilai apa yang ingin disebarkan ke masyarakat sebagai suatu ciri perusahaan Anda adalah yang terbaik. Saat konsumen atau customer mengintegrasikan produk kita terhadap identitas diri mereka, ini akan menjadikan mereka setia seumur hidup.


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *