Financial Freedom Tidak Sama dengan Kaya

24 Mei 2018 OK
Bagikan artikel ini

APA ITU FINANCIAL FREEDOM?

Menurut Anda, apakah itu financial freedom?

Menurut Robert T Kiyosaki, kebebasan keuangan atau financial freedom adalah kondisi Anda bebas menjadi diri sendiri dan benar-benar bebas menjalankan hal yang Anda sukai. Bukan semata-mata menjadi kaya-raya ataupun harta berlimpah saja tapi lebih dari itu ketika kondisi kita benar-benar terbebas.

 

Financial freedom is much more than having money. It’s the freedom to be who you really are and do what you really want in life. [Kim Kiyosaki]

Seperti apa ya rasanya bebas keuangan atau financial freedom?

Banyak orang ingin mencapai yang namanya kebebasan keuangan. Tapi sebenarnya seperti apa sih rasanya bebas keuangan itu? Mari kita bayangkan:

-Bayangkan saat ini Anda dapat bangun tidur dan melakukan apa yang Anda sukai.

-Bayangkan Anda bisa membeli apapun yang Anda inginkan tanpa harus merasa menyesal telah membelinya.

-Bayangkan Anda tidak perlu lagi pusing untuk membayar cicilan, membayar utang, membeli rumah, kendaraan dan lain sebagainya.

-Anda tidak perlu lagi bangun pagi, berangkat ke kantor, kerja seharian hanya untuk dapat gaji, bayar utang cicilan seumur hidup hingga pensiun.

-Bayangkan Anda dapat pergi kemana saja yang ingin Anda kunjungi kapanpun Anda mau.

-Bayangkan Anda dapat melakukan hal-hal yang Anda sukai, karena Anda memang senang menjalankannya.

Begitulah kehidupan financial freedom. Memang ada? Ada dan bisa salah satunya adalah Anda jika benar bersungguh-sungguh mencapainya.

Menurut Robert Kiyosaki, tidak semua orang bisa mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom. Kebebasan keuangan hanya dapat dicapai oleh orang-orang yang mau belajar dan bekerja untuk mencapai kebebasan keuangan. Menurut Kim Kiyosaki kebebasan keuangan dapat dicapai jika kita mau menjadi seseorang yang berbeda dari kita yang sekarang dan membiarkan diri kita untuk tumbuh dan keluar dari zona nyaman.

 

Kebebasan Keuangan Tidak Sama Dengan Kaya

Apa definisi Kaya?

Sebenarnya pengertian kaya itu bermacam-macam, tergantung orangnya. Ada yang menganggap jika mempunyai pendapatan 100 juta/bulan itu sudah kaya, ada yang berkata 10 juta/bulan sudah kaya. Ada pula yang berkata 1M/bulan itu kaya.

Banyak orang memiliki definisi kaya, namun untuk memperjelas, kita asumsikan definisi kaya adalah jika pendapatan bersih setahun sebesar Rp 500.000.000 atau lebih (pendapatan dikurangi pengeluaran).

Hal ini tidak sama dengan definisi kebebasan keuangan. Karena untuk menjadi bebas finansial cukup dengan pengeluaran (expenses) lebih kecil dari pemasukannya (income). Contoh pendapatan seseorang sebesar Rp 100.000.000 per bulan, tetapi pengeluarannya Rp 110.000.000 maka orang tersebut belum bebas keuangan.

Orang yang memiliki uang banyak juga belum tentu bebas keuangan, coba Anda perhatikan manajer atau direktur suatu perusahaan yang memiliki gaji yang besar misalnya 70 juta/bulan namun harus bekerja lebih dari 8 jam sehari dan tidak memiliki waktu untuk diri sendiri dan keluarganya. Itu bukan yang namanya bebas keuangan.

Jadi bebas keuangan bisa diartikan mempunyai income yang lebih besar dari expense namun tidak perlu menukarkan waktu kita untuk mendapatkan income tersebut. Dalam kata lain, kita mempunyai pendapatan pasif (uang yang didapat dengan kita tidak perlu bekerja untuk mendapatkannya).

Semoga Bermanfaat.


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *