6 Langkah Membangun Kekayaan

15 Januari 2018 OK
Bagikan artikel ini

Kenapa sih kita harus bangun kekayaan? Kekayaan itu apa sih? Buat apa kita bangun kekayaan tapi gak tau arti kekayaan itu apa. Mungkin kekayaan tiap-tiap orang berbeda. Ada hal yang lebih dari pada mempunyai uang. Ingin meningkatkan kehidupan sosial, jalan-jalan, agar bisa survive dihidup ini. Ya itu semua intinya adalah ingin menjadi lebih dari pada kita yang sekarang dan ingin financial freedom. Lebih banyak related dengan uang.

6 Langkah Membangun Kekayaan

Menurut Henry David Thoreau, wealth is the ability to fully experience life.

Menurut Tony Robbins kesuksesan itu cuma soal dua hal yaitu pertama the science of achievement, semua kesuksesan itu punya pola nya, punya ilmunya. Dan yang kedua adalah art of fulfillment, namanya sukses itu bukan soal kalian bisa mencapai berapa, setiap orang punya indikator kesuksesannya masing-masing, $1 juta untuk orang lain itu sudah besar, tapi menurut Donald Trump itu kecil. Indikator terpenuhinya berbeda-beda.

Setiap orang punya standarnya sendiri mengenai kekayaan dan kesuksesan.

Definisi financial freedom menurut Saya adalah “do whatever I want, whenever I want, however I want, wherever I want, and with whoever I want”.

Ada 6 langkah membangun kekayaan, yaitu:

1. Tentukan Goal yang jelas dan detail. Kalian punya definisi yang berbeda mengenai financial freedom. Mau jalan-jalan, nah tapi jalan-jalan seberapa jauh? Mau lebih kaya, seberapa kaya? Harus punya goal yang jelas

4 gunung kekayaan (menurut buku One Minute Millionare)

– Real Estate: rumah, komersial, kantor, apartemen

– paper asset: obligasi, saham, reksadana

– business: MLM, tradisonal bisnis

– Digital Marketing

Menentukan goal Anda juga harus menggunakan prinsip SMARTER (Spesific, Measureable, Attainable/Achievement, Realistic, Time Frame, Evaluated, Recorded)

2. Creating Your Plan

Kalian sudah tau apa goal Anda dengan jelas dan detail. Kalian ingin passive income 100 juta perbulan, kalian harus start dari 1 juta perbulan. Evaluasi Anda butuh apa agar dapat membuat plan yang jelas bagaimana agar Anda dapat mencapai goal yang diinginkan. Anda sendiri yang tahu jawabannya.

3. Leverage

Apa itu leverage? Ya, daya ungkit, analoginya Anda ingin mengangkat satu batu, Anda butuh pengungkit agar lebih mudah mengangkatnya. Ada 6 power of leverage, yaitu:

– Systems: mempermudah kita dalam hal scalability, mungkin kalau kita sendirian bisa saja menjadi superman/superwoman. Namun, pada saat kita reach some point pada skala lain, misalnya kita handle omset 100M, bisa gak kita handle sendiri? Tentu tidak, kita perlu team untuk menjadi superteam dan untuk menyatukan team itu kita perlu suatu sistem, ada SOP nya, rantai urutannya, dan lain-lain.

– Infinite network: keyakinan kita, hubungan kita sama hal—hal spiritual. Setiap orang punya keyakinannya masing-masing, sebut saja ini sebagai low of attraction.

– Network: orang-orang yang ada di sekitar kita. Anda dekat dengan siapa, bergaul dengan siapa, ya, itulah Anda akan menjadi.

– Team: it’s part of systems. Kalau ada sistem gak ada yang jalanin ya sama aja dong. Tenaga, ide, waktu orang lain yang bisa bantu bisnis Anda.

– Mentor: karena bisa belajar dari pengalaman mentor. Yang bijak adalah kita belajar dari pengalaman, paling bijak adalah belajar dari pengalaman orang lain. Akan fatal kalau kita tidak belajar dari sana. Lebih fatal lagi jika kita tidak belajar dari pengalaman diri sendiri. The best one kita punya mentor. Semakin dekat dengan mentor, percepatan perkembangannya juga akan semakin cepat.

– Skill and tools as a leverage: kita harus bisa kuasain skill dan tools apa yang bisa kita gunakan. Anda harus tahu bagaimana menggunakan skill dan tools itu. Seperti: skill negosisasi, persuasi, management, money skill, dan lain-lain.

4. Apply Skill

Setelah Anda tahu dan mempelajari skill-skill yang dibutuhkan untuk mencapai kekayaan, perlulah Anda mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari. Seperti negosiasi, Anda bisa mempraktekannya di mana saja agar skill nego Anda dapat terasah. Hal ini penting untuk meningkatkan mental dan habit Anda dalam hidup.

5. Execute Your Plan

Anda sudah menguasai skill dan tools yang ada. Sekarang waktunya Anda mengekseskusi plan yang sudah Anda buat di point ke 2 untuk mencapai kekayaan yang Anda inginkan. Gunakan skill dan tools yang tersedia untuk menjadi alat Anda agar lebih mudah dalam menjalankan plan yang sudah Anda susun.

6. Evaluated

Mengevaluasi segala hal yang sudah Anda kerjakan sangat penting, karena dengan seperti itu, Anda akan tahu hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan harus ditingkatkan. Apa saja yang harus dihilangkan agar tidak menghambat diri Anda menuju kekayaan yang Anda inginkan. Apakah dengan cara-cara tertentu sudah menghasilkan sesuatu yang baik? Tanyakan juga kepada orang-orang terdekat yang mengetahui plan Anda, agar mereka juga dapat mengevaluasi dan mengkoreksi diri dan cara Anda. Intropeksi diri dan mulai lagi untuk bertindak sesuai dengan apa yang sudah Anda tetapkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, jika Anda menyukainya,

Say Hello on: Instagram | Facebook

 

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

One thought on “6 Langkah Membangun Kekayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *