Mengapa Gaji Saja Tidak Cukup Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

19 Desember 2017 OK
Bagikan artikel ini

Bagi sebagian besar orang, bekerja untuk mendapatkan gaji adalah hal yang lumrah dan harus dilakukan sebagai orang dewasa. Untuk menunjang di hari tua nanti, saat muda harus terus bekerja keras mengumpulkan uang. Namun, ternyata pemikiran seperti ini membuat Anda tidak akan pernah jauh dari jerat kemiskinan, kenapa?

Mengapa Gaji Saja Tidak Cukup Untuk Mencapai Kebebasan Finansial?

Menurut Robert Kiyosaki, kebebasan finansial adalah kondisi di mana Anda dapat melakukan sesuatu bukan karena kebutuhan melainkan karena Anda menyukainya. Jika Anda mengandalkan gaji untuk mencapai kebebasan finansial, maka Anda harus mengorbankan banyak waktu juga untuk mendapatkannya. Namun, itu juga tidak menjadi jaminan Anda bisa menikmatinya.

Ada 3 macam sumber income yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Active Income, yaitu penghasilan yang didapat dengan menukarkan waktu Anda.

2. Portfolio Income, penghasilan yang didapat dari jumlah asset yang memiliki kenaikan valuasi. Belum menjadi income bila Anda belum menjualnya. Contoh: saham, obligasi, properti, dan lain-lain.

3. Passive Income, penghasilan yang didapat dengan tidak harus bekerja atau menukarkan waktu Anda. Mempunyai sistem yang sudah baik untuk menjalankan bisnis tersebut. Contoh: penghasilan dari uang sewa properti, bisnis automated yang berjalan karena sistem.

Gaji Anda termasuk ke dalam Active Income. Jika Anda tidak bekerja sehari atau seminggu bahkan sebulan, Anda tidak akan mendapatkan uang. Lalu jika Anda sudah memiliki gaji yang besar, maka pengeluaran Anda pun bisa saja meningkat. Walaupun Anda sudah menabung untuk masa tua, uang yang Anda kumpulkan belum tentu cukup untuk memberikan kebebasan keuangan pada saat Anda pensiun. Karena setelah Anda pensiun, uang Anda akan semakin habis untuk kebutuhan dan keinginan, dan Anda harus kembali bekerja untuk memenuhi hal itu semua.

Sampai kapan itu terjadi? Sampai Anda bisa memenuhi kebutuhan tanpa harus bekerja.

Maka itu, Anda harus memanfaatkan sumber income lainnya. Bisnis atau Investasi adalah jalan yang tepat jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial. Sebenarnya kriteria kebebasan finansial setiap orang berbeda-beda, namun biasanya related dengan uang. Mengapa? Jika goal Anda adalah jalan-jalan ke luar negeri, membeli rumah, pastilah menggunakan uang.

Lalu hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial adalah Anda dapat mensisihkan penghasilan Anda untuk diinvestasikan. Investasi ini bisa melalui apa saja, kendaraan yang bisa dipakai adalah dengan melaui properti, bisnis, paper asset, dan komoditi.

Anda tidak perlu takut jika Anda belum mengerti tentang investasi apapun, Anda dapat memulainya dengan menginvestasikan uang Anda ke Manajer Investasi di reksadana. Lalu Anda temukan dan pelajari kendaraan lain untuk Anda tunggangi sebagai cara untuk mencapai kebebasan keuangan. Segera mulailah membangun saluran income yang lain dan tentunya yang bisa menghasilkan untuk Anda tanpa harus bekerja aktif agar kelak Anda bisa lebih menghabiskan waktu bersama keluarga dan hal-hal yang Anda sukai lainnya.

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *