Pentingkah Seorang Pembimbing Untuk Bisnis Anda?

15 Desember 2017 OK
Bagikan artikel ini

Saya senang sekali berbincang-bincang dengan orang lain, menjalin relasi dengan orang-orang yang berpengaruh. Tentunya banyak sekali yang didapat dari mereka, berbagai pandangan yang berbeda-beda dan semua itu adalah ilmu yang tak ternilai harganya.

Pentingkah Seorang Pembimbing Untuk Bisnis Anda?

Selain itu, Saya juga mempunyai beberapa mentor yang saya yakini ilmu dan pengalamanya untuk bisnis dan kehidupan saya. Merasa sangat bermanfaat bertemu dengan mereka. Bisnis yang saya jalani pun bisa mencapai level seperti ini. So, pentingkah seorang pebisnis mempunyai pembimbing atau mentor? Jawaban menurut saya, tentu sangat penting.

Di dunia ini, tidak ada yang tidak mempunyai seorang pembimbing. Sekalipun mereka yang sudah dikenal sebagai pebisnis yang sukses, mereka pun tak luput dari peran seorang pembimbing. Contohnya Pelatih sukses no 1 di dunia, Tony Robbins yang mempunyai guru pembimbing bernama Jim Rohn.

Menurut Robert Kiyosaki (salah satu pembimbing saya juga) ada beberapa manfaat mempunyai pembimbing, seperti:

1. Pembimbing memberi tahu Anda apa yang penting. Dalam menjalankan bisnis, banyak hal yang harus dikerjakan, namun disela-sela banyaknya tugas, pembimbing mengingatkan Anda lagi akan hal-hal penting yang harus diutamakan.

2. Tokoh Panutan Terbalik. Selain pembimbing mempunyai cerita sukses dalam bisnisnya, pastilah juga mempunyai cerita kebangkrutan dan kegagalan dalam proses menjalankan bisnisnya. Hal ini juga dapat menjadi panutan Anda belajar bagaimana mentor dapat survive ditengah kebangkrutan atau kegagalan bisnisnya

3. Tokoh Panutan Spiritual. Pandangan-pandangan yang pembimbing berikan membuat pola pikir Anda juga bisa berubah. Mental adalah yang terpenting untuk setiap hal yang Anda lakukan, dan karena itu, Anda membutuhkan orang lain untuk memotivasi mental Anda.

Pembimbing bisa datang dari mana saja, bisa di bilang dari orang-orang yang menginspirasi. Walaupun sebenarnya dia tidak mengajari namun Anda menjadikan dirinya sebagai role model. Menurut Saya, beberapa manfaat lain mempunyai pembimbing adalah sebagai berikut:

1. Anda dapat mempelajari pola kesuksesan orang lain yang sudah mencapai di atas standar yang ingin Anda raih. Sehingga Anda termotivasi untuk mencapai standar yang sudah Anda tetapkan.

2. Pembimbing dapat melihat blind side Anda. Hal-hal yang tidak dapat Anda lihat. Beberapa orang tersebut bukan dari bidang kita namun mempunyai kapabilitas yang cukup mumpuni. Sehingga dalam perjalanan mencapai kesuksesan, Anda dapat dibimbing untuk beberapa hal yang tidak Anda ketahui.

3. Menaikan Thermostat. Contohnya seperti Anda sudah terbiasa mendapatkan penghasilan 10 juta/bulan, ketika penghasilan menurun menjadi 5 juta/bulan, Anda akan bekerja lebih keras supaya penghasilan Anda naik. Namun ketika penghasilan Anda sudah 15 juta/bulan, Anda bisa saja mengendorkan usaha Anda. Peran seorang pembimbing adalah agar Anda dapat melihat sesuatu yang lebih dari yang sudah Anda dapatkan, dan ketika itu terjadi, Anda dapat menaikan thermostat Anda misalnya dari 15 juta/bulan menjadi 50 juta/bulan.

Jadi, menurut Anda pentingkah mempunyai pembimbing untuk bisnis dan kehidupan?

Terima kasih telah membaca artikel ini, jika Anda menyukainya,

Say Hello on: Instagram | Facebook

 

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *