Score Board yang Sangat Penting Untuk Kehidupan Anda, Apakah itu?

Cara mengukur kesuksesan, bagaimana mengukur kesuksesan, bagaimana mengatur keuangan
18 Januari 2018 OK
Bagikan artikel ini

Anda sering menonton pertandingan olahraga? Apapun itu, sepak bola, basket, badminton. Apakah mereka mempunyai score board? Ya, tentu saja ada. Apa tujuan score board tersebut?

Score Board yang Sangat Penting Untuk Kehidupan Anda, Apakah itu?

Jika Anda menjawab untuk mengetahui siapa yang menang dan siapa yang kalah. Selamat! Anda menjadi penonton untuk kehidupan Anda. Seperti halnya penonton yang ingin tahu siapa team yang unggul dalam permainan itu agar dapat memprediksi juga siapa yang akan menang.

Namun, apakah Anda hanya ingin menjadi penonton, bahkan untuk kehidupan Anda sendiri?

Dalam olahraga, siapa pelakunya? Kita bisa katakan, pemain, manajer, dan pelatih. Merekalah pelaku dalam perlombaan olahraga tersebut. Mereka memakai score board untuk melihat bagaiamana posisi dan kondisi team yang bermain. Mereka track dan tahu bagaimana permainan team berjalan. “Oh posisinya sedang kalah, kita harus fight”, “oh posisinya sedang menang, kita harus bertahan”. Jadi, score board tersebut menjadi patokannya. Dengan tahu posisi dan kondisi teamnya, mereka akan mengatur strategi untuk tetap bertahan dalam permainan, mengambil keputusan untuk pergantian pemain, bahkan untuk menjadi menang dalam pertandingan. Mereka akan mengatur banyak cara agar score board tersebut bisa berubah menjadi lebih baik bagi mereka.

Seperti itu jugalah dalam kehidupan keuangan kita. Pada saat kita sudah mengumpulkan uang yang banyak berbulan-bulan, seringkali yang terjadi adalah kita lupa untuk melihat score board kita yaitu laporan keuangan pribadi yang akan memberitahu posisi keuangan kita sedang dalam posisi apa. Kita menjadi tahu sekarang ini kita itu siapa dan sedang di mana. Ini juga yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang yang tidak peduli pada laporan keuangan. Mereka hanya akan terjebak dalam rat race, yaitu kehidupan yang hanya menggali lubang dan tutup lubang yang artinya akan terus hidup dari hari ke hari saja tanpa adanya rencana yang jelas.

Dengan adanya laporan keuangan, kita akan lebih aware akan keuangan kita sendiri. Kita akan lebih bisa mengatur uang tersebut agar bisa bekerja dan menang untuk kita. Jika awalnya mengeluarkan uang yang sudah didapat dengan sangat gampang, dengan adanya laporan keuangan, kita bisa tahu berapa besar yang bisa kita keluarkan untuk kebutuhan. Selain itu, kita juga dapat mengalokasikan uang untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan teratur. Dengan laporan keuangan, kita bisa lebih berpikir untuk mengeluarkan cara seperti apa untuk memperbaiki keuangan kita.

Bagaimana bentuk laporan keuangan itu?

The simplest one adalah yang seperti ini. Ini adalah laporan keuangan pribadi yang dipakai dalam permainan Cashflow Game dari Robert Kiyosaki. Ada 2 jenis yaitu income statement dan balance sheet. Income statement, Anda akan mendapati dari mana saja penghasilan Anda, berapa penghasilan Anda. dan bagaimana Anda menggunakan uang tersebut. Dalam balance sheet, Anda akan membukukan apa saja yang digolongkan sebagai asset dan liabilitas. Dari sini Anda akan mendapati berapa nilai kekayaan Anda. apakah asset lebih besar dari hutang Anda. atau sebaliknya?

Pertanyaannya, sudahkah Anda menulis laporan keuangan pribadi Anda?

Jika ada yang bilang bahwa, income kami belum banyak, tidak ada asset yang harus kami atur. Hey guys, ini bukan masalah seberapa besar atau banyaknya uang atau asset yang kalian miliki, namun ini tentang habit yang harus kalian terapkan dan jalani. Karena jika hal kecil saja Anda tidak bisa melakukannya, bagaimana dengan hal besar? Mulailah belajar untuk membiasakan diri menulis laporan keuangan.

 


Bagikan artikel ini

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *