Haruskah Jual Tanah Untuk Menambah Modal Usaha?

22 November 2016 Gustiadi Prakoso

Banyak orang berpikir konvensional, kalau mau mendapatkan modal untuk usaha, ia harus menjual aset yang ia miliki, misalnya properti. Padahal belum tentu usaha Anda pasti menguntungkan. Di satu sisi juga menjual properti tidak semudah jual instrumen investasi lainnya seperti emas dan saham misalnya. Anda bisa membutuhkan waktu berbulan bulan hingga setahun untuk menjual properti Anda. Apalagi jika properti Anda bukan di lokasi strategis.

 

Lebih baik Anda mencari cara lain. Ayo gunakan kreatifitas Anda!

Misalnya kalau selama ini Anda menjual HP, Anda bisa negosiasikan dengan partner atau supplier Anda. Misalnya Anda negosiasikan dengan suppler untuk mendapatkan margin lebih kecil namun dipermudah pembayarannya. Sehingga Anda tidak memerlukan modal tambahan untuk bisnis Anda. Atau bisa juga Anda bekerja sama dengan toko lain untuk menjual aksesoris. Jadi Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan penjualan lainnya.

Jika misalnya Anda mau menjual tanah Anda, saran saya jangan hanya menjual tanah gitu saja. Anda bisa membuat tanah Anda menjadi jauh lebih mahal. Misalnya dengan bekerja sama dengan developer berpengalaman, untuk membangun property di atas rumah Anda dan Anda akan mendapatkan bagi hasil. Uang yang Anda dapatkan akan berkali kali lipat dibandingkan jika Anda hanya menjual biasa saja.
Kurang modal itu tidak ada, yang ada hanya kurang kreatifitas dan resourcefulness Anda.


Semoga bermanfaat!

Gustiadi Prakoso

P.S. Tulisan ini ditulis oleh Andreas Bordes (psikologindonesia.com), yang diambil dari #ASKGUSTI Show episode 9.

Anda mempunyai cerita atau pengalaman menarik mengenai topik ini?
Sampaikan saja ke ScaleUp.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *