Menjadi Developer Properti

11 Mei 2016 Gustiadi Prakoso

Untuk menjadi developer properti di Indonesia ada beberapa hal yang harus diketahui, saat ini pemerintah Republik Indonesia mewajibkan orang atau kelompok orang yang akan menjalankan bisnis sebagai developer properti di dalam satu wadah dengan legalitas penuh misalnya CV bahkan PT / perseroan terbatas (lebih disarankan).

Menjadi Developer Properti sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena sebenarnya dengan sedikit pengalaman di bidang tersebut yang tidak terlalu sulit semua orang bisa menjadi seorang pengembang properti.

Paramount Land merupakan Developer Property Indonesia yang memiliki kantor pusat di Gading Serpong Tangerang Selatan. Perusahaan tersebut adalah contoh sukses developer yang memiliki banyak project – project berkualitas seperti perumahan, pusat perbelanjaan hingga perhotelan.


Permasalahan Menjadi Developer Properti

Masalah yang muncul ketika anda ingin menjadi seorang atau perusahaan developer properti di Indonesia adalah dana yang fantastik. Mungkin saja Anda bisa menjadi pengembang-pengembang perumahan kecil di daerah yang belum cukup dikenal. Tetapi itu membutuhkan waktu yang lama jika Anda ingin naik level ke kelas Developer Properti yang lebih tinggi.

Disini dana yang fantastik dapat dijadikan sebagai pancingan atau pembuka jalan. Misalnya saja dalam hal pembebasan tanah, jika posisi tanah adalah tanah yang strategis sudah barang pasti itu akan menjadi hal yang sangat sulit. Karena di dalamnya tidak hanya bermain segelintir orang sebagai pemilik, atau penguasa daerah tetapi beberapa kompetitor juga akan ikut campur di dalamnya.


Keuntungan Menjadi Developer Properti

Keuntungan yang diraih juga bukan skala kecil. Menjadi developer properti artinya kita bisa mengendalikan pasokan dari mulai bahan baku, hingga ke tahap pemasyarakatannya.

Setelah perumahan yang Anda bangun sudah jadi, selanjutnya Anda dapat membuat suatu lokasi yang juga menghasilkan keuntungan serta menarik bagi orang diluar area tersebut untuk lebih melirik hasil pembangunan Anda. Yang nantinya akan berimbas pada naiknya harga tanah, bangunan lokasi yang Anda kembangkan.


Kesimpulan

Memang melakukan hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, tetapi seperti sudah dikatakan tadi dalam permasalahan dan keuntungan sangatlah menarik siapapun yang ingin memiliki penghasilan cukup tinggi. Karena bisnis properti memang terbilang bisnis tinggi, selalu berhati hatilah dalam setiap langkah yang Anda ambil.

Setelah membahas mengenai Pengertian Developer Properti dan berkeinginan menjadi seorang pengembang property, ada 3 hal utama yang harus Anda miliki, yaitu kesigapan, feeling dan dana yang cukup untuk bersaing dengan kompetitor Anda.

Anda mempunyai cerita atau pengalaman menarik mengenai topik ini?
Sampaikan saja ke ScaleUp.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

One thought on “Menjadi Developer Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *